top of page

COMMUNICATION DATA SYSTEM OF SMART GRID


ARTIKEL WEBINAR OF SGA

COMMUNICATION DATA SYSTEM OF SMART GRID




 

diupload oleh Prakarsa JaringanCerdas Indonesia


Internet dan Keamanannya


Teknologi terlebih dahulu dipahami dengan cara melihatnya secara meluas (helicopter overview), sehingga dapat mengetahui penting dan ke mana arah tujuan penciptaan dan penggunaanya. Untuk mengenali teknologi digital adalah mempelajarinya secara mendetail dan mendalam.

Pada mulanya internet dikembangkan dalam dunia kemiliteran. Hingga saat ini, teknologi digital telah berkembang dengan pesat. Internettidak berdiri sendiri,melainkan terhubung ke seluruh dunia melalui kabel-kabel optik di bawah laut. Arsitektur jaringan internet sangat kompleks danrumit.










ArsitekturJaringan Internet



A. Sistem Operasi

Untuk menghubungkan antar jaringan internet dibutuhkan sistem operasi,salah satunya adalah Windows.Sistem operasi memungkinkan untuk berkomunikasi secara efektif dengan internet.Sistem operasi adalah ‘bahasa’ yang menyebabkan jaringan satu dengan yang lainnya saling terhubung











Sistem Operasi Internet

Di dalam internet terdapat teknologi Internet of Things (IoT). IoT di dalam dunia kelistrikan bukan hanya berperan sebagai perangkat konsumen, tetapi juga digunakan untuk mengelola dan mengendalikan kelistrikan nasional secara masif untuk menjagakendalan sistem. Pada sistem smart grid IoT terpasang di pembangkit, transmisi, distribusi, juga konsumen. Selainitu, IoT tidakhanya dimanfaatkan di dunia industri,tetapi juga di jaringan nirkabel(wireless), drone, penerbangan pesawat, transportasi dan sebagainya. Luasnya pemanfaatan IoT ini menimbulkan berbagai macam potensi risiko.












Resiko Internet of Things

Selain IoT, saat ini juga terdapat cloud yang memiliki beberapa perbedaan dengan IoT sebagai berikut.


Perbedaan Internet of Things dan Cloud