top of page

DATA ANALYTIC: DISCUSSION (BREAKOUTROOM & SMART GRID FOR BUSINESS)


ARTIKEL WEBINAR OF SGA

DATA ANALYTIC: DISCUSSION (BREAKOUT

ROOM & SMART GRID FOR BUSINESS)


 

diupload oleh Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia


Utility Digital Transformation: Operasi Pengukuran Energi Berbasis IoT dan Analis Data Meter Menggunakan Time-Series Analysis pada AMI Pengukuran tenagalistrik atau smart metering systemadalah inti dari smart grid. Hal ini harus dilakukanberbasis digital dan menggunakan teknologi informasi. Kebanyakan utility didunia memerlukan pengembangan sistem metering untuk menjamin pendapatan dan memudahkan operasisuplai tenaga listrik,sehingga membutuhkan cyber security yang prima dan ultimate. Transformasi digital pada utilitasdiharuskan untuk menghindari ancaman distrupsi di industri ketenagalistrikan agar lebih efisien,cepat, terstruktur, dan handal dalam proses operasional. Transformasi digital di Industri Ketenagalistrikan, menekankan pada empatfaktor utama yaitu aset manajemen,optimalisasi penyaluran tenagalistrik, pelayanan pelangganyang terintegrasi danpengolahan data.








DigitalTransformasion Utilities


Teknologi listrik saat ini tidak lagi hanya didominasi oleh insinyur listrik dan insinyur mesin, melainkan sudah ada keseimbangan peran antara keilmuan teknologi informasi, teknologi komunikasi, danteknologi kelistrikan. Advanced Metering Infrastructure (AMI) AMI adalah teknologi pengukuran tenaga listrik yang dibangkitkan, ditransmisikan, dan didistribusikan kepada pelanggan. AMI memungkinkan pengaplikasian teknologi, seperti smart meter dan perangkat pengukuran yang lebih kompleks, yang memampukan aliran informasi dua arah antara antara utilitas dan pelanggan dan menyediakan keduanya dengan data konsumsidan harga listriksebagai fungsi waktu dan kuantitas. Pengimplementasian AMI merupakanlangkah awal yang fundamental menuju moderenisasi jaringanlistrik (grid). AMI bukan merupakanteknologi tunggal, tetapi integrasi dari banyak teknologi yang memberikan koneksi yang pintar antara utilitas dan pelanggan. AMI memberikan pelanggan informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan untuk mendapatkan manfaatyang saat ini tidak dapat dinikmati. OperatorSistem dapat meningkatkan layanan kepada pelanggan dengan memperbaiki operasi dan pengelolaan asset berdasarkan data AMI. SebelumAMI dikenal, terdapatpula AMR (Automatic meter reading). Perbedaan AMI dan AMR yaitu:

Perbedaan AMR dan AMI
















Persebaran Penggunaan AMI

Proses Bisnis Utilitas Proses bisnis utilitas adalah memproduksi listrik di pembangkitan, menyalurkannya di transmisi ke pusat-pusat beban tenaga listrik, dan menyalurkannya ke pelanggan. Selanjutnya ada proses pengukuran dan penyimpanan data listrik.









Proses Bisnis Utilitas

Komponen AMI Infrastruktur AMI tersusun dari3 bagian: 1. Pelanggan dan smart meter 2. Jaringan komunikasi Yakni media pengiriman data dari pelanggandan smart meter ke pusat.

3.Aplikasi terpusat









Komponen AMI










Arsitektur sistem pembacaan Meter AMI










Strategi Implementasi AMI

Terdapat tantangan pembacaan meter dalam jumlahmasif,yaitu

  • Untuk komunikasi yang menggunakan cellular, client Application (HES) melakukan pembacaan ke meter (Server) melalui jaringan yang memiliki layanan best-effort.










Layanan Best Effort

  • Permasalahan di sisi layananjaringan akan mengakibatkan kegagalan pembacaan meter.

  • Selama ini, jalur komunikasi cellular yang digunakantidak spesifik untukaplikasi Machine- to-machine (M2M), sehingga kapasitas jaringan berbagi denganpengguna bergerak lainnya.

  • Pada jumlah sensor (meter) yang masif (pada implementasi AMI), pembacaan meter secara bersamaan akan mengalami batasan.

  • Pembacaan meterdalam jumlah besarpada jalur komunikasi yang sempit akan menyebabkan timeout.

  • Jika pembacaan meter dalam jumlah besar dilakukan secara pool oleh HES terpusat,maka daya komputasiyang dibutuhkan akan sangat besar.

Batasan Pembacaan Meter pada PopulasiMeter yang Besar

Teorema noisy-channel coding atau Shannon limit or Shannon capacity dari suatu kanal telekomunikasi merujuk pada laju maksimum(maximum rate) dari data yang bebas dari error secara teori yang dilewatkan melalui kanal tersebut yang dipengaruhi oleh error transmisi data secara acak pada level derau tertentu.















Batasan Pembacaan Meter

Teorema Shannon–Hartley menyatakan laju maksimum dimana informasi dapat dilewatkan (ditransmisikan) melalui kanal komunikasi pada lebar pita tertentu dan memperhitungkan keberadaan derau.





Proses pembacaan Massive Sensor

Usulan solusi pada kedua tantangan pembacaan meter adalah model push terkoordinasi pada pembacaan meter.










Model Push terkoordinasi pada pembacaan meter


tahapan Analisis Data pada AMI







Analisis Data pada AMI

Analisis data pada AMI menggunakan “big-data" yang dihasilkan oleh smart meter dan sistem berdasarkan Internet of Things (IoT), utility akan memiliki beragam peluanguntuk meningkatkan penggunaan efisiensi operasional dan insight komersialyang diperoleh dari analisis data.











Arsitektur sistem analisis data












Tampilan analisisData MDMS PLN Oleh ICON+












Tampilan analisisData MDMS PLN Oleh ICON+ (2)













Tampilan analisis Data MDMS PLN Oleh ICON+ (3)












TampilananalisisDataMDMSPLNOlehICON+(4)

Sistem security systemAMI

Sistem keamanan untuk menjamin proses transmisi datapada AMI antaralain:

1. DLMS/COSEM









2. Data Access Security











Data Access Security


3. Mekanisme Otentifikasi


















Mekanisme Otentifikasi

4.TransportDataSecurity









Transport Data Security

5. Transport security Suite ID option








Transport securitySuite ID option

6. Public Key Infrastructure (PKI)











Public Key Infrastructure (PKI)


Instagram: @id_smartgrid Twitter: @organisasipjci Facebook: PJCI LinkedIn: PJCI


Freely register as PJCI member, click here: pjci.idremember.com

Full text download here


SGA Sesi 5 Student – Data Analytic Discussion (Breakout Room _ Smart Grid for Business)
.pd
Download PD • 2.74MB

Comments


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags