top of page

DATA COMMUNICATION SYSTEM


ARTIKEL WEBINAR OF SGA

DATA COMMUNICATION SYSTEM



 

diupload oleh Prakarsa JaringanCerdas Indonesia


Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan informasi yang harus diterima dengan benar oleh penerima melaluimedia transimisi. Adapunmedia komunikasi antaralain: 1. Twisted CableCommunication: UTP dan STP 2. Fiber Optic Communication 3. Radio Communication 4. Cellular/GSM 5. Satelite Transmission 6. LoRa 7. Microwave Infrastruktur komunikasi Smart Grid Infrastruktur smart grid harus memperhatikan media transmisi yang digunakan dengan mempertimbangkan kecepatan data sesuai dengan yang dibutuhkan dan mampu menjangkau area yang diinginkan, misalnya untuk jangkauan transimisi data hingga jarak 100 km maka memilih optical sebagai media transmisinya, sedangkanuntuk di rumah maka bisa memilih sistem komunikasi radio. Selain itu, sistem smart grid harus bisa mengumpulkan data perilaku konsumendalam menggunakan sistem ketenagalistrikan, memonitorsupplai daya dari pembangkit, dan membaca data kebutuhan (demand) konsumen yang bertujuan untuk memastikan integrasi keseluruhan sistem dari hulu ke hilir handal.


Antonius D

Berdasarkan jangkauan dan kecepatan transmisi datanya, infrastruktur komunikasi smart grid terbagi menjadi3 yaitu 1. HAN (home area network) 2. FAN (Field Area Network) 3. WAN (Wide Area Network)


Infrastruktur Smart Grid










Arsitektur Komunikasi SmartGrid


Implementasismartgrid

Saat ini seluruh proses bisnis PLN dari pembangkitan hingga kostumer sudah didigitasi dan digitalisasi untuk memantau keseluruhan proses mulai dari suplai pembangkit, transaksi energi, hingga penggunaan energi oleh kostumer. Ke depannya diupayakan agar data-data ini bisa saling terhubung guna meningkatkan kehandalan dan pelayanan pelanggan. Media yang saat ini digunakan oleh PLN adalah ICON+ dengan sistem komunikasi sebagai berikut.









ICON+TwoWays MeteringSystem










Arsitektur Komunikasi AMI

Adapun sistem smart grid harus memperhatikan hal hal berikut. A. Model komunikasi data

Infrastruktur Smart Grid Secara umum model komunikasi data yang serin

digunakan adalah Open system interconnectio model ataulebih dikenal sebagai Seven OSI layers.