top of page

Kenapa 20 Mei ini merupakan Hari Kebangkitan Nasional?

Kenapa 20 Mei ini merupakan Hari Kebangkitan Nasional?



Dimulai tanggal 20 Mei 1908 sebagai tonggak bangkitnya nasionalisme Indonesia untuk melawan penjajahan di Hindia Belanda pada masa itu.


Dalam perkembangannya ada lima tahapan nasionalisme di Indonesia, yakni masa perintis (sebelum tahun 1908), masa penegas (tahun 1928), masa pencoba (tahun 1938), masa pendobrak (1945), dan masa pelaksana (1945 sampai dengan sekarang).


Kebangkitan nasional ditandai dengan lahirnya Organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908 oleh Dr. Wahidin Soedirohoesodo dan Dr. Soetomo. Organisasi sosial intelektual ini menyatukan semangat persatuan dan kesatuan bangsa untuk mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Cita-cita ingin merdeka akhirnya terwujud pada 17 Agustus 1945. Hal ini menjadi bukti bahwa kemerdekaan suatu bangsa diwujudkan dengan persatuan dan kesatuan bangsa itu sendiri.


Kebangkitan nasional adalah cara mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang, termasuk pembangunan kesejahteraan sosial. Kebangkitan nasional adalah untuk mengenang kembali bagaimana semangat perjuangan bangsa Indonesia tempo doeloe untuk mengisi kemerdekaan dengan berbagai kegiatan pembangunan.


Selamat Hari Kebangkitan Nasional!


Follow and subscribe us more at

Instagram, LinkedIn, Facebook, Youtube X-Twitter, Tiktok @Spotify


Be our member at pjci.idremember.com


Visit us :



Comments


Featured Posts
Recent Posts
Archive
Search By Tags
Follow Us
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Google+ Basic Square
bottom of page