top of page

THREAT, ATTACK, DIGITAL FORENSIC


ARTIKEL WEBINAR OF SGA

THREAT, ATTACK, DIGITAL FORENSIC


 

diupload oleh Prakarsa JaringanCerdas Indonesia


Cyber Security for Smart Grid Technology Dunia Digital







Dunia Digital

Secara umum dunia digital terdiri dari 4 bagian, yaitu

  • Digital era merupakan pemanfaatan penggunaan teknologi oleh individu ataupunbisnis. Dunia digitalberhubungan erat dengan dunia maya, seperti teknologi, smart grid, value, dan cyberthreat.








Digital Era



Pada term teknologi, umumnya teknologidibangun dari 4 bagian yaitu perangkat, komponenjaringan, aplikasi, dan sistem, sehinggaketika terjadi ancamanbisa diidentifikasi bagian mana yang diserang tersebut.

Ancaman merupakan potensi negatif dari suatu penggunaan teknologi. Memiliki kesadarantentang adanya risiko ancaman dapat melindungi dan menghindari aset teknologi dari ancaman tersebut. Ancaman akan berdampak pada bisnis yakni dalam mengontrol bisnis tersebut, sehinggaoperasi dan transaksiperusahaan dapat mengalami kerugian.







Hubungan antara ancaman dan dampaknya pada bisnis

  • Digital crime atau kejahatan digital adalah sisi buruk atau insidenakibat dari adanya pemanfaatan teknologi terhadap sistem data dan sistem, termasuk di dalamnya akses ilegal, memodifikasi atau membuat kerusakanterhadap komputer atau sistem digital,misalnya cyber incident, cyber attack, cyber crime. Kejahatan ini mengganggu sistempengamanan informasi yang terdiri dari confidentiality,integrity, dan availability.








Gambaran Besar Suatu Serangan

a)Serangan terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu

Seranganaktif:serangan yang mempengaruh isistem dan operasi sistem,sehingga mengganggu atau mengubah nilai integritas dan ketersediaan sistem dan data.

b)Serangan pasif: serangan yang bertujuanuntuk mencuri, mempelajari, dan menggunakan sistem dan data, tetapi tidak sampai merusak sistem dan data didalamnya.Akan tetapi hal ini mengganggu nilai kepercayaan data.

c) Serangan dari dalam: serangan yang dilakukan oleh seseorang yang memilki hak untuk mengakses data atau informasi, tetapi untuk merugikan entitas yang memberikan otorisasi tersebut.

d) Serangan dari luar: seranganyang dilakukan oleh pihak luar, misalnya penjahatterorganisir, teroris internasional, dan musuh pemerintah.

e)Serangan sintaksis: perangkat lunak berbahaya yang menyertakan virus, worm, dan kuda Trojan.

f)Serangan semantik: modifikasi dan penyebaran informasi yang benar dan tidak benar, sehingga terjadi kekacauan yang akan merugikan entitas.

Secara prinsip ancaman terbagi menjadi dua:

a) Ancaman yang disengaja (intentional) seperti hacking.